Rabu, 06 Oktober 2010

Kamera SLR digital

Perkembangan teknologi memang tidak dapat dibendung lagi, seperti halnya perkembangan fotografi sendiri. Tidak ada yang menyangka bahwa dunia ‘lukis cahaya’ telah merambah ‘dunia lain’, yaitu dunia digital yang sebelumnya mungkin tidak terpikirkan. Dunia mesin kamera semakin bertambah meriah dengan dimunculkannya kamera-kamera sederhana dengan hasil yang sangat menawan, yang tidak memerlukan skill khusus dalam penggunaannya.


Kamera digital merupakan teknologi baru pengganti kamera berbasis film yang semakin lama semakin ditinggalkan. Dengan demikian mau tidak mau, para fotografer yang sebelumnya berkutat dengan film akan beralih kedunia digital yang selama ini tidak dikenalnya. Fotografi digital hanyalah merupakan tool pembantu untuk menghentikan waktu serta menangkap momen hingga melukiskan cahaya bagi para seniman fotografi. Meskipun demikian, beberapa kendala akan muncul tanpa bekal pengetahuan digital yang cukup.

Perbedaan media itulah yang memberikan beberapa nuansa baru yang menarik untuk dikupas lebih jauh dalam dunia fotografi. Dunia fotografi digital saat ini menggunakan peralatan-peralatan untuk menangkap gambar sebagai data-data biner atau digital, bukan analog seperti pada media film. Banyak sekali perbedaan dalam dunia tersebut sehingga pro dan kontra masih muncul di antara pengembang peralatan fotografi dan penggunaannya sendiri.

Digital kamera telah merambah dunia multimedia yang tidak mungkin terjadi pada saat teknologi fotografi masih berbasis film. Sementara itu, banyak sekali peralatan-peralatan lain yang mengadopsi kemampuan kamera ke dalam peralatan mereka,seperti telepon seluler, komputer, gadget, hingga smart phone. Fitur-fitur kamera telah dijejalkan dalam peralatan tersebut dengan kemampuan yang tidak kalah dengan peralatan fotografi itu sendiri. Dengan demikian, pengguna semakin dimanjakan dalam memilih peralatan yang sesuai dengan kebutuhannya.

Beberapa terminologi muncul seiring dengan perkembangan kamera digital, seperti sensor, media simpan, pixel, noise dan lain-lain.

0 komentar:

Posting Komentar